Dalam era digital saat ini, sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) menjadi salah satu alat yang sangat penting untuk mempermudah pengelolaan data dan proses operasional di rumah sakit. Berikut ini adalah lima fitur menarik dalam SIMRS yang memungkinkan rumah sakit memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pasien.

1. E-Rekam Medis yang Efisien

SIMRS memungkinkan rumah sakit untuk menyimpan dan mengelola rekam medis pasien secara elektronik. Fitur ini memungkinkan akses yang cepat dan mudah terhadap data pasien, termasuk riwayat medis, hasil tes laboratorium, dan informasi penting lainnya. Dengan adanya e-rekam medis, rumah sakit dapat memberikan perawatan yang lebih efisien dan terkoordinasi kepada pasien.

Fitur e-Rekam medis ini sudah diwajibkan oleh Menteri Kesehatan RI melalui Permenkes no. 24 tahun 2022 tentang Rekam Medis Elektronik (E-Rekam Medis). Seluruh faskes (rumah sakit, klinik, puskesmas, dsb) wajib menyelenggarakan Rekam Medis Elektronik paling lambat 31 Desember 2023. Untuk mendukung transformasi digital dunia kesehatan tahun 2024.

2. Sistem Antrian Online

Salah satu fitur menarik lainnya adalah sistem antrian pintar yang terintegrasi dalam SIMRS. Pasien dapat mendaftar secara online melalui aplikasi atau situs web rumah sakit, dan sistem akan memberikan nomor antrian secara otomatis. Ini mengurangi waktu tunggu dan memudahkan pasien untuk mengatur jadwal kunjungan ke rumah sakit.

SIMRS dapat mengirimkan pengingat otomatis kepada pasien tentang janji temu mereka melalui SMS atau email. Fitur ini membantu mengurangi tingkat absensi pasien dan memastikan penjadwalan yang efisien bagi rumah sakit.

3. Manajemen Stok Obat yang Tepat

Dalam SIMRS, terdapat fitur manajemen stok obat yang memungkinkan rumah sakit untuk memantau persediaan obat dengan lebih efektif. Rumah sakit dapat menghindari kekurangan obat atau pemborosan dengan mengelola inventaris obat secara terintegrasi melalui SIMRS.

4. Analisis Data dan Laporan

SIMRS menyediakan fitur analisis data yang membantu rumah sakit untuk menganalisis kinerja, tren penyakit, dan efisiensi operasional. Melalui laporan yang dihasilkan, rumah sakit dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan mengambil keputusan berdasarkan data yang akurat.

5. Integrasi dengan BPJS dan Aplikasi Lainnya

Sangat penting SIMRS yang bisa mengintegrasikan rumah sakit dengan BPJS karena mayoritas masyarakat Indonesia yang masih mengandalkan BPJS untuk berobat. Alasan SIMRS harus terintegrasi dengan BPJS diantaranya :

  1. Verifikasi Keanggotaan: Memudahkan rumah sakit memverifikasi keanggotaan BPJS pasien.
  2. Pengelolaan Klaim yang Efisien: Mempercepat proses klaim dan pembayaran melalui integrasi SimRS dan BPJS.
  3. Akurasi Data Pasien: Pertukaran data pasien yang akurat antara rumah sakit dan BPJS untuk perawatan yang lebih baik.
  4. Koordinasi Perawatan yang Lebih Baik: Memungkinkan koordinasi perawatan yang efektif antara rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya yang terhubung dengan BPJS.
  5. Monitoring Kualitas dan Pelaporan: Memudahkan rumah sakit melaporkan data kualitas dan kinerja kepada BPJS untuk meningkatkan pemantauan pelayanan kesehatan.

SIMRS di rumah sakit harus bisa fleksibel menyesuaikan perkembangan teknologi terkini. Peraturan terbaru dari Kemenkes, setiap rumah sakit dan fasyankes lainnya harus terintegrasi dengan aplikasi Satu Sehat untuk mengintegrasikan data rekam medis seluruh pasien di Indonesia sebagai sharing data kesehatan untuk keperluan pemerintah dan kepentingan kesehatan masyarakat.

Apakah SIMRS di rumah sakit Anda belum memiliki fitur diatas? Atau sudah tapi belum optimal?

Dapatkan Live Demo Aplikasi SIMRS secara GRATIS dengan klik disini